Sebentar Lagi! Guru dan Dosen Kemenag dapat Tunjangan Kinerja (Tukin)

By | October 29, 2016
Catatan Si Boy – Nasib guru dan dosen sering kali dianggap anak tiri oleh pemerintah karena tidak diberlakukannya tunjangan kinerja seperti pada PNS struktural. Memang guru dan dosen mempunyai yang namanya tunjangan sertifikasi, namun kenyataannya hingga saat ini masih banyak guru dan dosen yang belum menerima tunjangan sertifikasi tersebut. Hal ini terjadi karena persyaratan yang harus dilalui untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi tersebut juga dinilai sangat memberatkan.
peraturan-menteri-agama-29-tahun-2016
Namun menurut informasi yang beredar, segera! guru dan dosen yang berada di bawah Kementerian Agama sebentar lagi bakal juga menerima pembayaran tunjangan kinerja. Hal itu berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 29 Tahun 2016 tentang Pemberian, Penambahan, dan Pengurangan Tunjangan Kinerja Pegawai pada Kementerian Agama. Pada Bab VI Pasal 10 disebutkan: (4) Tunjangan kinerja bagi dosen dan guru pns yang belum bersertifikat pendidik dibayarkan sebesar 100 % (seratus persen) dari kelas jabatannya. Sedangkan pada poin (6) Tunjangan kinerja pegawai Kementerian Agama yang diangkat sebagai pejabat fungsional tertentu dan mendapatkan tunjangan profesi, dibayarkan sebesar selisih antara tunjangan kinerja kelas jabatannya dengan tunjangan profesi pada jenjangnya. Adapun besaran tunjangan kinerja Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 29 Tahun 2016, sebagai berikut:

besaran-tunjangan-kinerja-asn-kemenag

Pada pasal 17 bahwa pemberlakuan mengenai perhitungan pemberian tunjangan kinerja terhitung sejak bulan November 2015. Wah.. Selamat!! Bakal menerima rapelan!

Referensi: PMA No. 29 Tahun 2016 : https://www.kemenag.go.id/artikel/38615/pma-nomor-29-tahun-2016-tentang-pemberian-penambahan-dan-pengurangan-tunjangan-kinerja-pegawai-pada-kementerian-agama

One thought on “Sebentar Lagi! Guru dan Dosen Kemenag dapat Tunjangan Kinerja (Tukin)

  1. Fathul Azis

    Informasi ini memang menyenangkan tapi sampai sekarang pembayaran Tukin Guru non sertifikasi belum terbayarkan seperti yang saya alaimi, di kementerian agama Lombok Barat NTB Satker MTs 1 Lombok barat, kenepa harus ada perbedaan pembayaran antara PNS strutural dengan kami yang Guru funsional, mohon jadi pertimbangan yang Terhormat Bapak Mentri Agama RI

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *